BREAKING NEWS: Resmi, Menteri Agama Umumkan Besok 25 Juni 2017 Salat Id!

mari Berbagi Berita
FaceBook  Twitter  

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin (foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) selesai menggelar sidang Isbat. Dan hasil sidang, memutuskan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriah jatuh pada, Minggu 25 Juni 2017.

 

"Malam ini kita memasuki 1 Syawal 1438 hijriah, jadi mulai besok kita melaksanakan Salat Idul Fitri," ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (24/6/2017).

"Ada enam petugas Kementerian Agama dalam kesaksiannya di bawah sumpah, bahwa mereka telah melihat hilal," tuturnya.

Lukman mengatakan, keputusan tersebut diambil berdasarkan laporan dari kurang lebih pelapor yang tersebar di 90 titik yang ada di Indonesia.

Rangkaian sidang ini diawali pemaparan Tim Badan Hisab Rukyat Kemenag, terkait posisi hilal secara astronomis pada 29 Ramadan 1438H/2017. Kemudian acara akan berlanjut ke sidang utama setelah salat Maghrib.

Sidang dihadiri oleh duta besar negara sahabat, Mahkamah Agung (MA) Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Lalu, Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari ormas-ormas Islam, pejabat eselon I dan II Kemenag, serta Tim Hisab dan Rukyat Kemenag.

Sebagaimana isbat awal Ramadan lalu, proses sidang akan dimulai diawali dengan pemaparan dari Tim Hisab dan Rukyat Kemenag tentang posisi hilal menjelang awal Syawal 1438H.

Kemenag juga akan menurunkan sejumlah pemantau hilal Syawal 1438H di seluruh provinsi di Indonesia. Mereka berasal dari petugas Kanwil Kemenag dan Kemenag Kabupaten/Kota yang bekerjasama dengan Pengadilan Agama, ormas Islam serta instansi terkait setempat.

(wal)

Sumber

mari Berbagi Berita
FaceBook  Twitter  

Populer

Advertisement

 

Hosting Unlimited Indonesia

Follow us on

Search

Headlines

Advertisement

 

Hosting Unlimited Indonesia

Kurs

Our fan page

Facebook Like Button