Hutomo Mandala Putera

mari Berbagi Berita
FaceBook  Twitter  

Nama Lengkap : Hutomo Mandala Putra

Alias : Tommy Soeharto

Profesi : Pengusaha

Agama : Islam

Tanggal Lahir : Minggu, 15 Juli 1962

Zodiac : Cancer

Warga Negara : Indonesia


Ayah : Soeharto
Istri : Ardhia Pramesti Regita Cahyani
Anak : Dharma Mangkuluhur, Gayanti Hutami
Ibu : Fatimah Siti Hartinah Soeharto

BIOGRAFI

Besar dari keluarga presiden, Tommy Soeharto  menikmati berbagai fasilitas. Ia pun menjadi pengusaha ternama pada usia muda.

Pria kelahiran Jakarta, 15 Juli 1962 adalah anak kelima dari enam bersaudara dari pasangan Soeharto dan Siti Hartinah. Bapaknya adalah seorang perwira tinggi Angkatan Darat yang kemudian menjadi Presiden RI ke-2.

Pemberian nama Hutomo Mandala Putera  tak lepas dari peristiwa pembebasan Irian Barat (Papua-red)  dari cengkraman penjajah Belanda. Saat itu, pada tahun 1961, Soeharto langsung yang memimpin pasukan dengan nama “Komando Mandala Pembebasan Irian Barat”.

Hutomo Mandala Putera alias Tommy Soeharto tumbuh dan besar dalam lingkungan orang nomor satu Indonesia. Bapaknya menjadi presiden RI ke-2 pada 12 Maret 1967, saat Tommy berusia lima tahun. Sejak itu, masa kecil Tommy hingga dewasa dalam lingkungan sang pemimpin tanah air hingga 1998. Bapaknya mengabdi kepada negara hampir 32 tahun.

Dalam rentang waktu itulah, Tommy menjadi sosok pengusaha papan atas dalam usia muda. Pada umur 30-an ia sudah memiliki banyak perusahaan. Ia mendirikan sejumlah sektor bisnis dengan bendera Grup Humpuss. Mulai sektor transportasi, perdagangan, konstruksi, properti, keuangan, dan otomotif.

Pada tahun 1996, atas dasar ingin membangunan mobil nasional (mobnas) penggemar balapan ini mendapat fasilitas khusus dari bapaknya. Ia memperoleh Inpres Nomor 2 Tahun 1996 yang membebaskan pajak pada perusahaannya. Saat itu ia memproduksi mobnas Timor lewat PT Timor Putra Nasional, salah satu anak perusahaan Humpuss.

Fasilitas lain yang didapati adalah perdagangan dan pendistribusian cengkeh dari petani ke pabrik rokok melalui Badan Penyangga dan Pemasaran Cengkeh (BPPC).
 
Ia pun tertarik ke dunia politik bergabung ke partai yang sama dengan sang ayah, Golkar. Tak tanggung-tanggung, pada tahun 2009, ia menyalonkan diri sebagai Ketua Umum Partai Golkar, tapi gagal.

Gagal berkarya di Gokar tak membuat Tommy putus asa. Ia pun mendirikan partai politik bernama Partai Berkarya. Tommy didaulat menjadi Ketua Umum DPP Partai Berkaya periode 2016-2021. (AC/DN)

KARIER
Pendiri dan pemilik Grup Humpuss, (1984–Sekarang)
Anggota Partai Golkar
Pendiri dan Ketua Umum DPP Partai Bekarya, (2016-2021)
 
diambil dari berbagai sumber
 
 
mari Berbagi Berita
FaceBook  Twitter  

Populer

Advertisement

 

Hosting Unlimited Indonesia

Follow us on

Search

Headlines

Advertisement

 

Hosting Unlimited Indonesia

Kurs

Our fan page

Facebook Like Button