Pilpres 2019 Diprediksi 3 Capres, SBY Jadi King Maker

mari Berbagi Berita
FaceBook  Twitter  

Jakarta - Meski Ketum PD Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto sudah bertemu, tetapi tak ada kesepakatan koalisi. Pengamat politik Hanta Yudha menilai semua kemungkinan masih dinamis sebelum Pemilu 2019.



"Kalau UU Pemilu tidak dibatalkan MK, paling banyak 3 (capres), tapi paling mungkin 3. Kalau 2, Jokowi dan Prabowo akan kembali bertanding," ujar Hanta saat berbincang dengan detikcom, Kamis malam (27/7/2017).

Poros pertama tentu yang mengusung Presiden Jokowi untuk kembali menjabat lagi. Sejauh ini Golkar, NasDem, dan Hanura sudah ancang-ancang akan mengusung Jokowi.

Sementara itu, Hanta memprediksi Gerindra akan kembali bergandengan dengan PKS. Jika Demokrat ikut dalam kubu Gerindra, maka pasangan capres-cawapres dipastikan hanya dua.

"Poros ketiga paling mungkin ya Cikeas. PD bisa mengajak PAN, walaupun masih kurang sepertinya. Tapi Pak SBY selalu punya strategi. Bisa saja PD mengajak salah satu partai di pendukung pemerintah seperti PPP atau PKB. Mungkin nanti pemetaannya seperti saat Pilkada DKI," papar Hanta.

Hanta menebak, jika Cikeas membuat kubu sendiri maka nama Agus Harimurti Yudhoyono berpeluang muncul. Namun sepertinya akan dijadikan cawapres.

"Agus kan sudah pernah di DKI juga, kalau soal kelayakan tinggal disurvei saja. Pak SBY pasti mengkalkulasi. Kalau ada figur yang kuat dan bisa loyal ke SBY, pasti akan dijadikan capres," ujar Hanta.

Namun prediksi ini masih matematika politik saja. Segala kemungkinan masih bisa terjadi.

"(Tapi) king maker-nya SBY," ungkap Hanta.
(bag/tor)

sumber

mari Berbagi Berita
FaceBook  Twitter  

Populer

Advertisement

 

Hosting Unlimited Indonesia

Follow us on

Search

Headlines

Advertisement

 

Hosting Unlimited Indonesia

Kurs

Our fan page

Facebook Like Button